Kamis, 04 Desember 2008

Struktur Deck Tarot

Sebelumnya, gw dah ngebahas mengenai milih-milih deck yang dirasa cocok buat anda. Topik kita kali ini adalah mengoprek-oprek deck tarot itu sendiri secara umum. Jadi yang kita bicarain kali ini ga jauh-jauh dari struktur deck tarotnya.

Umumnya, tarot yang kita gunain atau yang anda bakal beli, mengikuti format deck tarotnya ciptaan Raider Waithe dan Smith yang biasa disebut Raider Waithe – Smith Deck atau RWS. Deck RWS ini dengan sangat gampang bisa anda lihat / temukan hampir disemua tempat yang ngejual deck tarot. Lebih gampangnya lage, gambar-gambarnya dengat sangat gampang bisa ditemukan di wikipedia. Karena deck-deck tarot yang sering dijadikan ‘acuan’ untuk deck tarot lainnya adalah Deck RWS ini, maka jangan heran kalau meskipun aliran gambar tiap deck berbeda-beda, namun secara garis besar, mirip dengan deck RWS.

Secara garis besar, kartu-kartu dalam deck tarot terbagi menjadi 2 bagian:

1. Major Arcana (bigger secret) yang mewakili rahasia besar, yang bila keluar dalam tebaran tarot sering diinterpretasikan sebagai suatu potensi (entah potensi si penanya atau potensi lingkungan sekitar penanyanya) yang akan digunakan; bisa juga diartikan sebagai trend yang akan terjadi, atau yang paling ekstrimnya, sesuatu yang akan terjadi dan sulit untuk dirubah (bukan berarte ga bisa dirubah yah).

2. Minor Arcana (lesser secret) yang mewakili rahasia lebih kecil, yang bila keluar dalam tebaran tarot sering diinterpretasikan sebagai potensi (sama dengan major arcana), hal-hal yang telah/ akan terjadi namun sifatnya bisa dirubah dan bergantung kepada penanya dan lingkungannya, alias lebih mudah dirubah ketimbang major arcana.

Untuk Major Arcana, jumlahnya sebanyak 22 kartu dengan nomor 0 sampai 21. Namun adakalanya di beberapa deck dinomori mulai dari 1 sampai 22, tergantung dari pembuat decknya. Untuk major arcana, umumnya lebih mudah diinterpretasikan dan sekaligus lebih rumit, karena pembuat deck tarot umumnya mencurahkan semua kemampuan gambarnya berikut arti-arti yang ingin dia berikan melalui simbol-simbol lebih kedalam major arcana ketimban minor arcana. Makanya disetiap buku yang menyertai setiap deck, penjelasan terhadap major arcana jauh lebih panjang dan mendetail ketimbang minor arcana.

Untuk Minor Arcana, terbagi (lagi) menjadi 4 lambang yaitu (diurutkan):
- Wands: umumnya melambangkan karir atau proyek yang sedang/ akan dijalankan. Sering diasosiasikan dengan elemen api.
- Cups : umumnya melambangkan emosi atau relasi. Sering diasosiasikan dengan elemen air.
- Sword: umumnya melambangkan intelektualitas atau rasio. Sering diasosiasikan dengan elemen udara.
- Pentacles: umumnya melambangkan sumber daya yang bersifat materi (seperti uang), sering diasosiasikan dengan elemen tanah.

Jadi, apabila saat anda membacakan tarot untuk orang lain, bila dalam tebaran tersebut banyak kartu swordnya dan nyaris tidak ada kartu cupsnya, berarti pertanyaan/ masalah yang dihadapi oleh penanya lebih didominasi dengan situasi yang rasional ketimbang melibatkan perasaan.

Setiap lambang tersebut, terbagi menjadi 2 bagian besar (lagi) yaitu kartu bernomor (numbered card) dan court card. Kartu bernomor berawal dari 1 (ace) sampai 10. Contohnya:
Ace of cups, two of wands, four of pentacles, dsb.

Sedangkan court card terdiri dari (diurutkan dari yang terendah):
- page
- knight
- queen
- king

Umumnya, saat orang-orang mempelajari tarot untuk pertama kali, mereka sering menemui kesulitan dalam mempresentasikan/ mengartikan court card. Itu karena court card memiliki berbagai arti dimana adakalanya:
- diterjemahkan sebagai suatu kondisi/ situasi (sama dengan kartu-kartu lainnya)
- diterjemahkan sebagai pribadi seseorang atau adanya sosok orang dengan sifat yang terlihat dalam kartu tersebut.

Yang perlu diperhatikan disini, meskipun court card dapat menunjukkan sifat seseorang, sifat yang ditunjukkan itu hanyalah sebagian saja dan hanya aspek terluar dari pribadi orang tersebut. Ingat! Yang paling mengerti anda hanyalah anda sendiri dan Tuhan; bukan orang lain, bahkan pembaca tarot sekalipun.

Jadi bila setiap simbol minor arcana terdapat 10 kartu nomor, dan 4 court card, maka jumlah kartu minor arcana adalah 14 x 4 = 56 kartu. Dan karena major arcana terdapat 22 kartu, maka total 1 deck tarot adalah sebanyak 56 + 22 = 78 kartu. Secara umum, semua deck tarot berjumlah 78 kartu. Namun adakalanya beberapa pembuat deck tarot melakukan sedikit perubahan dari deck standard dimana pada akhirnya membuat deck tarotnya menjadi kurang atau lebih dari 78 kartu.

Sebagai contoh, Quest Tarot terdiri dari 80 kartu dengan perubahan:
- Major arcana ditambah 1 kartu, yaitu kartu 0: The Universe (yang biasanya 0: The Fool), sehingga terdapat 2 kartu 0.
- Terdapat 1 kartu kosong (blank card)

Kira-kira beginilah gambaran untuk struktur deck tarot secara umum. Happy learning dan jangan ragu kalau menemukan deck yang sedikit berbeda, karena intinya dari semua deck tarot tetep sama.

Karena Tarot adalah suatu alat, dan yang membedakan 1 deck dengan deck lain adalah pandangan pembuat deck tarot itu sendiri....juga anda.

Tidak ada komentar: