Minggu, 14 Desember 2008

Shorthand Guide: Minor Arcana

Ada sebagian besar orang yang merasa kalau menginterpretasikan Major Arcana jauh lebih mudah ketimbang Minor Arcana. Apalagi untuk deck-deck tertentu, kartu Minor Arcana ada yang hanya berupa symbol saja dan tidak ada gambar yang membantu sama sekali. Untuk itu, di post kali ini, gw akan ngebahas panduan singkat untuk Minor Arcana.

Untuk post ini, sumber utama yang gw pakai adalah buku Gilded Tarot Companion alias buku panduan salah satu deck tarot gw yg diterbitkan oleh Llewellyn.

Seperti yang gw bahas sebelumnya, Minor Arcana terbagi menjadi numbered card dan court card. Kartu bernomor tersebut berurutan mulai dari nomor 1 (ace) sampai 10. Setiap nomor memmiliki arti diantaranya:

Aces: permulaan baru, peluang
2 : keseimbangan, mendua, atau dihadapi suatu pilihan
3 : pencapaian, ekspresi penuh/ perayaan dari suatu elemen
4 : struktur, stabilitas, stagnasi
5 : ketidakstabilan, konflik, kehilangan, peluang akan perubahan
6 : komunikasi, penyelesaian masalah, kerja sama
7 : refleksi, motif, penilaian
8 : pergerakan, aksi, perubahan, kekuatan
9 : pembuahan, penuaian
10 : akhir dari suatu siklus, penyelesaian

Dan elemen dari Minor Arcana (seperti yang sudah gw bahas sebelumnya) adalah:
- Wands: umumnya melambangkan karir atau proyek yang sedang/ akan dijalankan. Sering diasosiasikan dengan elemen api.
- Cups : umumnya melambangkan emosi atau relasi. Sering diasosiasikan dengan elemen air.
- Sword: umumnya melambangkan intelektualitas atau rasio. Sering diasosiasikan dengan elemen udara.
- Pentacles: umumnya melambangkan sumber daya yang bersifat materi (seperti uang), sering diasosiasikan dengan elemen tanah.

Dengan panduan tersebut, tentu anda bisa dapat gambaran mengenai kartu angka dalam Minor Arcana bukan? Sebagai contoh, 3 of Cups dapat berarti pencapaian dalam suatu relasi; 7 of pentacles dapat berarti penilaian terhadap suatu investasi (sumber daya).

Sedangkan untuk court cardnya, gambaran arti secara singkatnya (yang umumnya melambangkan orang lain atau diri si penanya) adalah:

Page: pemula, selalu ingin tahu, kadang-kadang berpikiran dangkal, bisa juga diartikan adanya peluang yang akan diterima penanya.
Knight: ekstrim/ fanatic, sangat berfokus, dapat berarti kehidupan yang tidak seimbang karena terlalu berat disatu sisi, bisa juga menandakan situasi yang akan bergerak cepat.
Queen: dewasa, suka bereflesi terhadap diri sendiri, seseorang yang merawat orang lain, atau cenderung terobsesi
King: dewasa, mudah mengekspresikan diri, sosok yang mengorganisasi dan mengendalikan urusan-urusan luar yang adakalanya jadi mengorbankan kepentingan pribadi.

Begitukah shorthand guidenya. Hehehehe. Next post, gw aka ngebahas tentang contoh membaca Tarot menggunakan Celtic Cross Spread.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

wah,.. ngebantu bgt nih dalam menghapal dasar2 makna kartunya..
makasih yaaa...