Kamis, 04 Desember 2008

First Step For Interpretation

Di post ini, gw akan ngebahas langkah awal dalam interpretasi dengan memberi tips-tips yang biasa digunakan baik oleh para pemula maupun yang sudah pro dalam membaca tarot apabila memperoleh deck yang baru.

Biasanya saat anda mendapat deck baru, karena penasarannya, anda membuka kotak mengeluarkan kartu dan melihat-lihatnya, kemudian dibuka buku panduannya untuk dibaca-baca sekilas bukan?

Setelah membuka-buka buku panduannya, tentu anda akan melihat berbagai interpretasi untuk setiap kartu. Saran gw, mualilah mebaca dari awal yang dimulai dari berbagai kata pengantar, cerita pengalaman penulis (kalau ada) dalam membuat deck tersebut, dan tetap membaca sampai ke halaman pertama yang membahas mengenai interpretasi setiap kartu. Nah, bila sudah sampai disana,…..tips saya cuma satu…..

Segera tutup buku anda

Yup, saat anda sudah mulai membuka bagian yang membahas mengenai arti disetiap kartu, untuk pertama-tama anda jangan baca dulu dari sana. Langsung tutup buku, dan mulailah melihat-lihat deck anda. Lihatlah satu per satu, mulai dari Major Acana terlebih dahulu. Baca judul yang tertera di kartu tersebut dan amati gambarnya sekilas.

Apa kesan sekilas yang anda dapat dari kartu itu?

Menurut anda, apa arti dari kartu tersebut?

Mungkin dari 2 pertanyaan tersebut, orang-orang yang baru belajar merasa bingung dan tidak percaya diri untuk membaca kartu tarot tersebut. Justru yang diperlukan disini adalah rasa percaya diri.

Coba saja anda catat secara sekilas, kesan dan arti apa yang anda dapatkan dari kartu Major Arcana tersebut. Setelah anda mencatat kesan dan arti dari ke 22 kartu Major Arcana tersebut, buka buku panduan anda, dan bandingkan dengan interpretasi yang diberikan penulis buku itu.

Secara garis besar, sebagian besar interpretasi anda akan sama/ mirip dengan interpetasi penulis buku tersebut.

Kok bisa mirip? Simpel, karena interpretasi setiap orang gak jauh-jauh dari yang namanya brainstorming gambar dan simbol. Secara psikologis, interpretasi anda bisa mirip dengan penulis, semata-mata karena memang gambar-gambar atau simbol tertentu memiliki arti/ persesi yang mirip untuk setiap orang. Dan ini juga menjadi salah satu alasan kenapa belajar Tarot sebenarnya tidak jauh dari psikologis. Bila anda merasa arti yang tertulis dibuku tersebut lebih cocok, silahkan pakai; bila ternyata anda merasa lebih cocok dengan arti yang anda dapatkan dari pikiran anda ketimbang yang tertulis dibuku, silahkan anda coret arti di buku tersebut, dan ganti dengan versi anda sendiri.

Dan mengapa gw menyarankan anda untuk membaca bukunya dari awal, termasuk cerita penulis dalam membuat deck tersebut? Sederhana saja, supaya anda mendapat gambaran secara umum seperti:
- Tema besar (grand theme) dari deck tersebut
- Latar belakang penulis dalam membuat deck (dimana latar belakangnya sangat mempengaruhi karakteristik deck yang anda punya)
- Berbagai perubahan dalam deck dibandingkan struktur umumnya (bila ada), berikut alasan si penulis.
- Cara membaca yang disarankan oleh penulis
- Dsb.

Dan mengapa saya meminta anda untuk mencatat hasil interpretasi anda terlebih dahulu untuk dibandingkan dengan yang tertulis dibuku? Simpel juga, untuk membangun rasa percaya diri anda, dan supaya anda tidak terlalu terpaku terhadap interpretasi buku.

Setelah anda lumayan memahami Major Arcana, barulah anda mulai mencoba menginterpretasikan yang Minor Arcana. Memang jumlah kartu dalam minor arcana jauh leih banyak, namun dengan bantuan gambar-gambar yang ada, anda pasti bisa menterjemahkan arti dari kartu tersebut dengan gabungan logika dan intuisi anda.

Jadi intinya: tutup buku, catet interpretasi versi anda, dan bandingkan dengan yang tertulis di text book.

Cause Tarot is all about yourself and how you see people around you.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Blog baru yah...

Mungkin dah banyak blog atau situs yg membahas tarot, tp sy yakin rendy akan punya pandangan yg lain yg akan memberikan manfaat lebih bagi pembacanya.

Cia yo, Ren...

Halim
-www.corbuziershop.com
-www.thesacredminds.com

Dokter_Tarot mengatakan...

Thx yah, pak. Hehehehehe.