Minggu, 14 Desember 2008

Celtic Cross Spread

Dalam post kali ini, gw akan membahas spread (tebaran kartu) yang termasuk rumit, namun entah kenapa selalu menjadi materi awal yang ditekuni para pemula apabila mereka ingin belajar membaca tarot meskipun sebenarnya tidak dianjurkan.

Dalam Celtic Spread, umumnya kita menggunakan 10 kartu (karena dalam versi tertentu ada yang menggunakan 11 kartu). Cara baca atau interpretasi berdasarkan posisinya pun ada beberapa versi, namun semuanya tidak jauh berbeda. Salah satu cara baca/ interpretasi yang akan gw gunakan adalah cara baca seperti dibawah ini.



Dari posisi kartu seperti diatas, interpretasi yang gw gunakan adalah:
1. Mengenai anda sendiri
2. Konflik/ problem anda
3. Dasar/ alasan dari konflik anda
4. Masa lalu (yang mengacu kepada problem tersebut)
5. Situasi sekarang
6. Prediksi kedepan dalam jangka pendek
7. Perasaan anda atas problem tersebut
8. Bagaimana orang-orang luar melihat diri anda dalam menghadapi problem tersebut.
9. Yang anda harapkan/ takutkan
10. Prediksi kedepan atas problem tersebuut dalam jangka panjang

Untuk permulaan, seperti biasa, pakailah kocokan kartu yang anda rasa cocok. Boleh penanya yang mengocok atau anda sendiri, seperti yang sudah pernah saya bahas di materi sebelumnya mengenai membaca dan menyusun pertanyaan dalam tarot.

Keunggulan dalam tebaran ini adalah bahwa tebaran ini dapat memberi gambaran/ situasi yang penanya hadapi, berikut prediksi kedepannya mengenai problem yang sedang dihadapi. Sedangkan kekurangannya adalah tebaran ini tidak memberi solusi secara langsung akan problem yang dialami penanya; sehingga pembaca tarot harus lebih jeli dalam membaca tebaran ini dan melihat solusi yang ada berdasarkan tebaran tersebut.

Tebaran ini dianggap rumit karena selain harus menginterpretasi, pembaca juga harus melihat elemen apa yang mendominasi tebaran ini, berikut apakah yang lebih mendominasi kartu Major Arcana atau minor Arcana; lebih rumitnya lagi, elemen apa yang mendominasi bacaan ini. Dengan kata lain, improvisasi dalam tebaran ini sangat luas.

Untuk contoh pembacaan tebarannya, akan gw post dilain waktu.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

saya pernah baca di sumber lain ada dibeberapa hal yang berbeda dan pemaknaannya malah ada yang beda banget atau terbalik2 disetiap angkanya. Kalau untuk tebaran 3 memang saya sering menemui alternatif yang variatif, tapi polanya sama. Kenapa bisa seperti itu yaa pada tebaran celtic cross? saya baru nemu 2 sih yg beda...

Gino Bolen mengatakan...

Yang saya suka dari tebaran ini adalah bahkan kita tidak mutlak dituntut untuk menentukan apa pertanyaan yang ingin kita ajukan. Tinggal kocok kartunya, potong, dan tebarkan. Apapun yang muncul adalah apa yang ingin kita lihat dan dengar, tidak peduli suka maupun tidak xixixi.