Selasa, 02 Februari 2010

Interpretation: The Magician

1: The Magician


 

The magician di hampir semua jenis kartu tarot memiliki elemen gambar yang sama: seorang pria, dengan empat symbol utama minor arcananya yaitu wands, cups, sword, pentacles (coins), serta tak ketinggalan symbol ‘delapan tidur’ atau symbol ‘infinity’nya diatas kepala pria tersebut.

 

Sosok yang sering tampil di hampir semua deck tarot adalah sosok pria yang mengangkat tongkat dengan meja didepannya (atau disampingnya) yang dimana terdapat cawan, tongkat, dan sisi 5 (pentacles) diatas meja tersebut. Tidak lupa symbol “tidak terhingga” yang berada diatas kepala pria tersebut dan untuk beberapa deck tarot, juga terdapat gambar tumbuhan merambat disekeliling pria tersebut.

 

 Magician dikenal luas sebagai sosok yang menciptakan keajaiban. Dari yang tampaknya tidak mungkin terjadi menjadi sangat mungkin untuk terjadi di tangan magician. Magician juga merupakan sosok yang seakan-akan tahu akan segalanya, bagaikan seorang pemimpin yang memiliki pengetahuan diatas orang kebanyakan, ia sering menjadi sosok yang dikagumi orang akan berbagai kelebihannya tersebut.

 

Namun, apabila orang-orang menganggap magician sebagai sosok pembawa keajaiban, sang magician sendiri tidak menganggap dirinya ajaib seperti pikiran orang-orang umumnya. Keajaiban justru terjadi apabila berkomitmen untuk belajar dan terus belajar. Sehingga yang sebenarnya dimata magician biasa-biasa saja, dimata orang-orang akan terlihat luar biasa.

 

Interpretasi:

 

Interpretasinya pun sebenarnya bisa dibuat dalam 1 kalimat: “Potensi individu yang siap untuk dibawa ke kehidupan nyata”.

 

Sebenarnya, apa yang di mata kita biasa – biasa saja, seringkali dianggap orang lain sebagai sesuatu yang luar biasa. Dan bila ditelusuri lebih jauh, hal yang tampak luar biasa itu sebenarnya merupakan hasil dari kerja keras dan komitmen terus – menerus. Banyak orang yang melihat Kolonel Sanders sebagai orang yang luar biasa karena melahirkan Kentucky Fried Chicken. Namun ternyata KFC merupakan hasil perjuangan Kolonel Sanders dari menjajakan ayamnya ke pemodal sebanyak 2000 kali! Banyak yang kagum akan kesuksesan The Beatles; namun ternyata kesuksesannya disebabkan karena mereka manggung di Kafe secara rutin selama lebih dari 10 000 jam! Contoh lainnya, Deddy Corbuzier sang Mentalist dianggap sebagai salah satu bapak persulapan di Indonesia dan membawa sulap di Indonesia ke tingkat yang lebih dihormati. Tapi tahukah anda bahwa untuk sampai ke ketenaran seperti sekarang ini, ia merintisnya sejak usia 20 tahun dan bermain di restaurant dahulu selama 10 tahun? Masih banyak lagi contoh nyata yang menunjukkan prestasi yang luar biasa sebenarnya berawal dari komitmen dan kerja keras.

 

Dari gambaran diatas, dapat dilihat bahwa klien yang mendapat kartu ini selama sesi pembacaan, sebenarnya mereka mempunyai potensi yang besar dan menunggu untuk dimanfaatkan oleh klien itu sendiri. Klien sebenarnya sudah sadar bahwa ia tahu apa yang harus dia lakukan untuk mencapai tujuannya; hanya saja ia belum melakukannya karena suatu sebab. Sebab-sebab kenapa klien belum mengeluarkan potensinya itu bisa teman-teman temukan dari relasi antar kartu – kartu selama sesi pembacaan.

 

Arti lain yang sebenarnya juga tidak jauh beda dari interpretasi diatas adalah bahwa kartu ini menunjukkan klien sudah menguasai berbagai syarat-syarat untuk mencapai tujuannya. Hanya saja apakah dia menyadari atau tidak, itulah yang sebenarnya perlu digali.  Yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai keinginan si klien tinggallah keinginan alias tinggal menjadi mimpi yang tidak pernah terwujud.

 

Apabila teman-teman merasa kartu The Magician ini bukan mengenai si klien tetapi mengenai teman klien (partner bisnis atau teman klien), bisa diindikasikan bahwa partner klien merupakan seorang yg ahli dalam bidangnya dan memiliki berbagai kemampuan yang dapat membantu klien. Hanya saja apabila kartu disekelilingnya dirasa negative oleh teman – teman, maka kartu ini juga dapat mengindikasikan agar klien berhati-hati dalam bekerja sama dengan orang lain. Karena ada kemungkinan ada pihak yang tidak jujur dalam kerja sama tersebut.

 

Sesuai dengan ciri khas magician, seorang magician memang bisa memanipulasi orang lain demi kepentingan dirinya sendiri; namun seorang magician juga bisa menjadi rekan yang sangat berharga karena tahu dan mengerti apa yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan, maka orang yang sudah menguasai ilmu yang diperlukan pun sebenarnya bisa memanfaatkan pengetahuannya untuk merugikan orang lain, ataupun membantu orang yang membutuhkan.

 

Tidak ada komentar: